jenis jenis software








Software adalah Program yang berisi instruksi perintah untuk melakukan pengolahan data.
Berdasarkan Jenisnya , software terbagi menjadi beberapa jenis :


1. Comersial Software (Software Berbayar)


Commersial Software merupakan software yang dibuat untuk tujuan dan kebutuhan komersil. Bagi setiap pengguna yang ingin meggunakannya ,pengguna harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya. Software Berbayar ini dilindungi oleh undang-undang hak cipta. Contohnya adalah Adobe Photoshop, Corel Draw dan lain sebagainya.

2. Freeware 


Freeware merupakan software yang memiliki hak cipta, namun bagi pengguna yang ingin menggunakannya dapat di unduh secara gratis dan tanpa batasan waktu. Contohnya adalah Mozila Firefox.
3. Shareware


Shareware merupakan sebuah software uji coba dan bagi para penggunanya harus membelinya kepada pihak yang mendistribusikannya agar dapat menggunakan software tersebut apabila waktu uji coba telah habis atau ingin mendapatkan fitur tambahan tertentu. Contohnya adalah WinRar , StyleXP dsb.

4. Firmware

Firmware merupakan software yang mengacu kepada software yang disimpan dalam memory read only. Firmware tidak akan berubah meski tidak dialiri oleh arus listrik. Firmware juga disebut sebagai program yang bersifat tetap ,yang tertanam pada unit hardware. Contohnya adalah BIOS.

5. Adware

Adware adalah salah satu jenis software yang bersifat tidak terlihat dan sering terinstalasi kedalam sistem ketika pengguna mengunduh. Contohnya adalah web browser microsoft internet explorer
7. Malware


Malware merupakan software yang diciptakan untuk merusak sistem komputer. Malware ini terdiri dari virus ,trojan horse dsb.

You Might Also Like

0 komentar